Project Ara Google

Karena lagi penasaran akhirnya menemukan web yang membahas Projek Ara Google , owya Projek Ara ini adalah salah satu projek dari Google yang bertujuan membuat smartphone menjadi modular, artinya pengguna dapat merakit smartphone sendiri sesuai keinginan, serta memungkinkan untuk menambah atau mengurangi hardaware seperti kamera, prosesor,baterai, LED, colokan USB kapan pun diamanapun. 

Bebarapa point yang harus diketahui dari Projek Ara Google ini yang akan membuat kita mengetahui tujuan sebenarnya dari Google :

1. Siapa yang menemukan Ide dibalik Projek Ara ?
    
Dave Hakken, seorang pendiri Phoneblock yang memiliki ide untuk menjadikan smartphone modular, Dave Hakken menginginkan selama memiliki smartphone pengguna dapat mengganti komponen bahkan berkreasi. Ide Dave Hakken diunggah dalam video berjudul "Phoneblock" yang telah ditonton sebanyak 21,313,442 orang dan sejumlah 979.000 orang mendukung ide Dave Hakken. Tak ketinggalan Motorola yang sudah mencium ide dave ini segera menawarkan kerjasama yang kemudian dibawahi projek oleh perusahaan besar Google, lalu lahirlah Projek Ara dibawah nama ATAP (Advanced Technology and Project Division).



2. Apa tujuan adanya Projek Ara ? 

Tujuan dari Projek Ara pada dasarnya sama dengan tujuan dari Phoneblock, membuat smartphone modular. Konsumer / pengguna dapat memilih kreteria smartphone hanya dengan mengganti komponen, contoh kasus, kamu yang kreteria yang ''hemat' kamu memilih kamera 8 megapixel, prosessor dengan tingkat menegah, lalu baterai yang daya tingkat menengah, lalu ada temanmu yang mencoba mengolaborasikan kamera 16 megapixel, prosessor dengan tingkat yang paling tinggi, lalu baterai yang memiliki daya yang banyak. Lalu kamu melihat hasil dari temanmu yang sebenarnya cocok dengan seleramu kemudian 2  bulan kamu memilih mengganti beberapa komponen dari pada membeli smartphone baru.  Projek Ara ini juga menginginkan smartphone dapat bertahan lama dengan memainkan komponen yang lebih murah dilihat sekarang ini orang kurang dari 1 tahun mengganti smartphone mereka karena sudah ketinggalan teknologi. 5 milyar orang akan mendapatkan produk dari Projek Ara ini yang dijual dengan harga 50$ namun belum secara resmi google mengumumkan akan mendapatkan apa saja dengan harga itu. Produk awal yang akan dikeluarkan terdiri dari 3 jenis ukuran, small, medium, dan large. 

3. Siapa yang bekerja dibalik Projek Ara?

Regina Dugan seorang wanita mantan direktur United States Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).  Yang sekarang menjadi Kepala ATAP. Paul Eremenko menjadi Kepala Projek Ara yang dulunya menjabat menjadi Direktur deputi Teknologi berstatis di DARPA dan lulusan dari MIT, Caltech, dan Georgetown.  . 

4. Kapan Projek Ara di publikasikan ?

Secara resmi team dari Projek Ara mengumumkan produk pertama akan di umumkan pada januar 2015, dan 15 Januari akan ada perkenalan produk di acara konferensi developer.

5. Masalah Yang mungkin terjadi pada Project Ara?

Salah satu permasalah dari Projek Ara adalah manajemen daya, setiap bagian komponen dapat mengonsumsi daya lebih besar dari sistem yang berada di chip. Google berencana untuk menyediakan daya baterai berdaya tinggi yang periode 'charge' lebih sedikit. Dan ketika konsumen menginginkan bentuk yang berbeda karena Projek Ara membuat bentuk sama hanya berbeda ukuran, maka Google akan menawarkan sebuah pilihan dengan membuat dan menjual kerangka yang di Print 3d secara variasi, namun hanya mengubah penampilan bukan bentuk dari smartphone. Dan rencana Android akan bisa didukung oleh Projek Ara sebelum launcing produk.



Projek Ara ini memiliki banyak potensi yang dapat membuat pesaing smartphone lain tidak bisa tidur nyenyak betapa tidak konsep Projek Ara telah mengubah model smartphone yang ada sekarang, bahkan konsep elektronika pada umunya. dan inilah tujuan yang diharapkan dari Google. Menjadi trend setter di segala bidang tkhususnya teknologi. 










0 komentar:

Posting Komentar