Sistem Pesan Makan

http://www.siswa-indonesia.net/admin/galeri/f2939_184419_
kidsangrybaru362.jpg
"Pernakah kalian memesan di tempat makan namun tidak dilayani dengan cepat dan lama penyajiannya? Pernakah anda kesulitan mencari mas-mas atau mbak-mbak yang mencatat menu?. Pernahkah kalian mengalami ekspresi seperti gambar di samping?. 

Well itulah yang membuat kita sama, maka dari itu ada sebuah solusi ide sebuah aplikasi Sistem Pesan Makan berbasis website ." 

Itulah potongan kata-kata untuk meyakinkan dosen ketika membuat sebuah tugas akhir salah satu mata kuliah.  

Bahas lebih rinci tentang aplikasi Pesan Makan :

1. Deskripsi Pesan Makan
    Memberikan pengalaman pelanggan dalam memesan menu lebih. Dan sebagai jembatan antara rumah makan dengan pelanggan. Pelanggan hanya memasukkan data berupa daftar dan no meja. No meja ini sebagai identitas dari pelanggan dan yang membedakan antar pelanggan. Karena nantinya mempermudah chef untuk mengantarkan menu makan atau minum. 

2. Siapa yang ikut terlibat?
    Stakeholder dari Pesan Makan ini adalah admin, chef, dan pelanggan. Kedepannya inginnya ada suplier sebagai distribusi bahan di rumah makan terkait.

3. Spesifikasi Sistem  
    Pada prinsipnya aplikasi Pesan Makan berada di setiap meja pelanggan masing-masing. Sehingga kedepannya terdapat tablet disetiap meja pelanggan. Jadi pelanggan hanya duduk dan dapat memesan segala sesuatu.



4. Konteks Diagram Pesan Makan 

5. ERD Pesan Makan 
       Pesanan merupakan kumpulan dari menu (makanan atau minuman) sehingga sifatnya hanya bisa dimiliki oleh satu pelanggan. 

  6. Data Implementasi Pesan Makan 
       

7. Design User Interface 
    Tampilan awal ketika masuk ke dalam aplikasi user disajikan logo restaurant. Seperti dibawah ini. Tujuannya agar user tidak merasa kaget jika langsung disuguhkan daftar menu. Untuk ke daftar menu user hanya menekan logo. (gambar sumber google.co.id)
    a.  Tampilan awal

    b. Tampilan Pemesanan Pesan Makan


       Untuk table masih menggambil dari google, kerena memiliki kesamaan untuk menampilkan daftar menu yang dibuat single table, sehingga user hanya menentukan jumlah berapa yang dipesan melalui kolom action.  Link Prototype Pesan Makan.  Untuk User Interface dari adminnya bisa dilihat admin Pesan Makan



0 komentar:

Posting Komentar